Monday, February 16, 2015

Sayur Kangkung

Manfaat dan Khasiat Kangkung Untuk Kesehatan

Selama ini kita mengenal kangkung sebagai sayuran yang harganya murah meriah, tetapi siapa sangka ternyata daun kangkung memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa.

Kangkung mengandung zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Pada kangkung terdapat 2,5 mg/100g,  Zat besi, sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia/kurang darah.

manfaat khasiat daun kangkung

Berikut ini adalah beberapa manfaat khasiat kangkung untuk kesehatan tubuh manusia untuk dijadikan herbal atau obat tradisional serta cara meramunya.



Mengobati mimisan: 
Ambil seikat daun kangkung, cuci kemudian ditumbuk sampai halus, tambahkan sedikit gula, lalu seduh dengan satu air panas, setelah dingin saring dan minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Mengobati sakit kepala: 
Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas, kemudian minumlah hasil air rebusan tersebut.

Mengurangi nyeri haid:
Siapkan kira-kira setengah kg daun kangkung, kemudian ditumbuk sampai halus tambahkan air setengah gelas, kemudian saring dan tambahkan satu sendok makan madu. Minum satu kali sehari.

Mengobati ambeien: 
Siapkan segenggam akar kangkung, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.

Mengatasi insomnia: 
Bagi anda yang susah tidur malam,  segeralah makan daun kangkung yang ditumis tanpa batang, cara ini sangat mujarab bagi penyakit tersebut.

Mengobati sakit gigi:
Siapkan segenggam akar kangkung tambah cuka sebanyak setengah sendok teh, kemudian rebus dengan air sebanyak 1 gelas .Minum air rebusan tersebut 1 kali sehari.

Melancarkan buang air kecil:
Ambil segenggam akar kangkung, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tersebut satu kali sehari.

Menghilangkan ketombe:
Ambil seikat daun kangkung, lalu rendam dengan air secukupnya selama satu malam, gunakan air tesebut untuk keramas ketika lagi mandi, sebaiknya dilakukan setiap hari.

Mengatasi sembelit dan mual pada ibu hamil:
Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi tumisan sayur kangkung, karena banyak mengandung vitamin untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Mengobati kulit yang gatal karena eksim:
Ambil daun kangkung yang segar, lalu direbus dengan air secukupnya selama 5 menit, setelah hangat pakai air rebusan  tersebut untuk mencuci bagian yang terkena eksim, lakukan setiap hari hingga sembuh.

Mengatasi gusi bengkak: 
Ambil 200 gr akar kangkung yang dicuci bersih, tambahkan 200cc cuka, rebus dengan dengan air sebanyak 200cc. Air rebusan tersebut dapat digunakan untuk berkumur, lakukan setiap hari higga sembuh. 

Menghilangkan kapalan:
Bagian kulit yang menebal dapat dihilangkan dengan mengoleskan getah kangkung dan lakukan setiap hari.

=================================

Itulah Manfaat Kangkung serta Khasiat Kangkung untuk kesehatan tubuh manusia sebagai obat tradisional

Sumber: http://manfaatdaunobat.blogspot.com/2013/06/manfaat-dan-khasiat-kangkung-untuk.html
  

No comments:

Post a Comment